Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana dengan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SD Negeri 12 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman

Pesolingga, Sri (2014) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana dengan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SD Negeri 12 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SRI_PESOLINGGA_56696_2833_2014.pdf] Text
final_B1_6_SRI_PESOLINGGA_56696_2833_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengalaman dan observasi peneliti di SD Negeri 12 VII Koto Sungai Sarik, bahwa hasil belajar sifat-sifat bangun ruang sederhana belum mecapai ketuntasan. Masalah tersebut disebabkan oleh guru yang kurang memperhatikan kondisi siswa, sifat materi ajar, dan fasilitas media yang tersedia, hingga guru mengajar tanpa menjelaskan tujuan pembelajaran, dan tidak memberikan umpan balik terhadap hasil kerja siswa. Sehingga hasil belajar siswa belum sesuai dengan KKM yaitu 70. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang sederhana dengan model pembelajaran langsung di kelas IV SD Negeri 12 VII Koto Sungai Sarik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi, (5) Penilaian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri 12 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian dengan menggunakan Model pembelajaran langsung dalam pembelajaran sifat-sifat bangun ruang sederhana adalah: (1) Hasil pengamatan RPP pada siklus I dengan nilai 82,14 dan pada siklus II 92,86, (2) Pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 79,69 dan pada siklus II 93,75, dan pelaksanaan aktivitas siswa pada siklus I adalah 75,00 dan pada siklus II 87,50, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I terjadi peningkatan dari nilai ratarata 73,31 pada siklus I meningkat menjadi 83,38 pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa Model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sifat-sifat bangun ruang sederhana di kelas IV SD Negeri 12 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, odel Pembelajaran Langsung, Bangun Ruang Sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:07
Last Modified: 31 Jul 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19105

Actions (login required)

View Item
View Item