Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 24 Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung

Asni, Feny (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 24 Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FENY_ASNI_95230_1784_2012.pdf] Text
final_B1_6_FENY_ASNI_95230_1784_2012.pdf

Download (855kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada pembelajaran luas bangun datar di Kelas IV SD Negeri 24 Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung. Hal ini terjadi karena guru lebih mengutamakan metode ceramah dan tanya jawab serta belum melaksakan pembelajaran dengan berkelompok. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar luas bangun datar dengan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw . Langkah-langkah pendekatan cooperative learning tipe jigsaw yaitu : 1) Membaca topik, 2) Diskusi kelompok ahli, 3) Laporan kelompok , 4) Tes, 5) Penghargaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas . Penelitian ini meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang betindak sebagai observer. Data penelitian ini diperoleh dari lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 24 Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat dari KKM yang ditetapkan yaitu 60. Nilai rata-rata siswa pada skor dasar 50 dengan ketuntasan belajar 45%, diadakan tindakan pada siklus I meningkat dengan rata-rata 66 dengan ketuntasan belajar 68%. Kemudian diadakan lagi tindakan pada siklus II, dengan rata-rata nilai siswa mencapai 70 dengan ketuntasan belajar 77%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar siswa pada kelas IV SD Negeri 24 Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, cooperative learning, jigsaw, luas bangun datar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:07
Last Modified: 31 Jul 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19102

Actions (login required)

View Item
View Item