Suci, Fitrah (2018) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas IV SD 06 Piai Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_06_FITRAH_SUCI_14129228_5433_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam 
membaca pemahaman, siswa kesulitan dalam menemukan ide pokok pada tiap 
paragraf dan juga dalam meringkas isi bacaan. Kesulitan siswa tersebut 
disebabkan karena tidak tepatnya model pembelajaran yang digunakan guru 
sehingga kemampuan yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian 
adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman 
dengan menggunakan model Talking stick siswa kelas IV SD Negeri 06 Piai 
Tangah Kota Padang. 
Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti dan siswa kelas IV 
yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 13 orang 
perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus dengan 2 kali pertemuan setiap 
siklusnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan 
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari pendahuluan 
perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi data penelitian dikumpulkan 
dengan menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,  nilai rata-rata pada prabaca 
siklus I adalah 60,48 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 
75,81 dengan kualifikasi baik. Kedua, pada saat baca siklus I memperoleh nilai 
rata-rata 66,53 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 95,56 
dengan kualifikasi sangat baik. Ketiga, pada pascabaca siklus I memperoleh nilai 
rata-rata  69,35 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 77,41 
dengan kualifikasi baik. Total perolehan nilai rata-rata pada siklus I 65,69 dengan 
kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 82,92 dengan kualifikasi baik. 
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking stick dapat 
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:06 | 
| Last Modified: | 31 Jul 2025 02:06 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19095 | 
         