Kontribusi Minat dan Pemanfaatan Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X TAV Mata Diklat Dasar-Dasar Kelistrikan di SMK Negeri 1 Bonjol

Lestari, Fenny Enda (2012) Kontribusi Minat dan Pemanfaatan Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X TAV Mata Diklat Dasar-Dasar Kelistrikan di SMK Negeri 1 Bonjol. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FENNY ENDA LESTARI_87661.pdf] Text
final_B1_6_FENNY ENDA LESTARI_87661.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya siswa kelas X TAV yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimum pada mata diklat Dasar-Dasar Kelistrikan, KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70,00 dengan rentangan 0 - 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi minat dan pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV mata diklat Dasar-Dasar Kelistrikan di SMK Negeri 1 Bonjol. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai minat dan pemanfaatan sarana belajar, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata diklat Dasar-Dasar Kelistrikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAV di SMK Negeri 1 Bonjol sebanyak 32 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik acak (Proportional random sampling) dengan menggunakan rumus Taro Yomane sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 15.0. Dari hasil penelitian didapatkan (1) Minat Belajar (X1) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 42,9 % (2) Pemanfaatan Sarana Belajar (X2) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 58,6% dan (3) Besarnya persentase sumbangan variabel Minat belajar (X1) dan Pemanfaatan sarana belajar (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 63%. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95 %

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Pemanfaatan Sarana Belajar, dan Dasar-Dasar Kelistrikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:03
Last Modified: 31 Jul 2025 02:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19085

Actions (login required)

View Item
View Item