Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD Semen Padang 1

Suri, Atika (2017) Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD Semen Padang 1. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ATIKA_SURI_1300423_687_2018.pdf] Text
final_B1_06_ATIKA_SURI_1300423_687_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya siswa yang aktivitas belajarnya masih rendah, sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar IPS yang diperoleh siswa tersebut. Diketahui bahwa siswa yang aktivitas belajarnya rendah memperoleh hasil belajar IPS yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: Apakah terdapat hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas V SD Semen Padang 1 tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian dilakukan di SD Semen Padang 1, pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas V SD Semen Padang 1 tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan seluruh populasi, yaitu seluruh siswa di kelas V SD Semen Padang 1 berjumlah 43 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa, dan tes untuk melihat hasil belajar IPS siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tingkat aktivitas belajar siswa kelas V SD Semen Padang 1 tergolong baik sekali persentasenya 27,91% dan baik persentasenya 32,56%. Kedua tingkat hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Semen Padang 1 sebagian besar tergolong baik, persentasenya 53,49%. Ketiga, berdasarkan penghitungan hasil analisis korelasi, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,798, dari nilai tersebut diinterpretasikan bernilai positif kategori kuat. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, yakni terdapat hubungan yang positif dan kuat antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajan IPS di kelas V SD Semen Padang 1.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:03
Last Modified: 31 Jul 2025 02:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item
View Item