Muryenti, Sri (2020) Pengaruh Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Tari pada Kelas VIII 1 di UPT SMP N 2 X Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SRI_MURYENTI_15023150_400_2020.pdf [thumbnail of final_B1_6_SRI_MURYENTI_15023150_400_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SRI_MURYENTI_15023150_400_2020.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Tari pada Kelas VIII I di UPT SMP N 2 X Koto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, menyeleksi data, menyajikan data dan menguji data, kemudian diinterpretasi dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran seni budaya (tari). Peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Indikator yang dapat dirujuk untuk menyatakan adanya pengaruh metode diskusi terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran seni tari di SMP N 2 X Koto adalah bahwa adanya perubahan energi dari yang lemah (kurang semangat) atau kurang responsif dan kurang kesungguhan meningkat menjadi reaktif dan telah munculnya kesungguhan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi, Motivasi Belajar Seni Tari |
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:02 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19080 |