Yona, Fitri (2013) Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI.IPS SMA Negeri 1 Banuhampu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_Fitri_ Yona_00674_6262_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_Fitri_ Yona_00674_6262_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Fitri_ Yona_00674_6262_2013.pdf
Download (351kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di
lapangan yaitu di SMA Negeri 1 Banuhampu, masih banyak siswa kelas X (Sepuluh)
yang memperoleh hasil belajar di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan
sekolah yaitu 70 dengan rentangan 0 - 100. Banyak faktor yang mempengaruhi,
diantaranya yaitu model pembelajaran, faktor internal dan faktor eksternal. Untuk itu
dilakukan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (Mencari Pasangan).Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya perbedaan antara hasil
belajar yang menggunakan pembelajaran Make a Match dengan hasil belajar siswa
yang menggunakan pembelajaran langsung pada mata pelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi siswa kelas XI.IPS SMA Negeri 1 Banuhampu tahun ajaran
2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dilakukan uji
normalitas dan homogenitas populasi. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi
perlakuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan
yang menjadi kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran langsung.
Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal.
Data yang diperoleh dianalisis untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan
model pembelajaran Make a Match yaitu 77,93 sementara siswa yang hanya
menggunakan model pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 72,66. Sedangkan
dari hasil hipotesis dengan perhitungan manual yaitu dengan uji t diperoleh thitung
(2,596) > ttabel (1,673). Dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini
berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada kelas
eksperimen memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi siswa kelas XI.IPS SMA Negeri 1 Banuhampu. Dan pada
uji persentase pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 7,25 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:02 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19078 |