Sugianti, Atik (2016) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Strategi Belajar PQ4R pada Siswa Kelas IV SDN 09 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ATIK_SUGIANTI_1200620_203_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_ATIK_SUGIANTI_1200620_203_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ATIK_SUGIANTI_1200620_203_2017.pdf
Download (643kB)
Abstract
Berdasarkan latar belakang yang diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran membaca intensif siswa masih rendah. Penyebabnya adalah guru dalam pembelajaran langsung menugaskan siswa tanpa memberi arahan sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan dan menangkap makna yang terdapat dalam bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keterampilan membaca intensif dengan strategi belajar PQ4R, sehingga dapat menunjang peningkatan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SDN 09 Koto Luar, berjumLah 32 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data penelitian ini berupa hasil observasi dan tes. Dengan penilaian pada tahap prabaca, tahap saatbaca, dan tahap pascabaca. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai pada prabaca siklus I memperoleh nilai rata-rata 59,4 dengan kualifikasi kurang meningkat pada siklus II menjadi 86,7 dengan kualifikasi sangat baik. Pada saatbaca siklus I memperoleh nilai rata-rata 48 dengan kualifikasi kurang sekali meningkat pada siklus II menjadi 76,2 denggan kualifikasi cukup. Pada pascabaca siklus I memperoleh nilai rata-rata 62 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 80,7 dengan kualifikasi baik. Sehingga diperoleh nilai rata-rata pada siklus I 57 dengan kualifikasi kurang meningkat pada siklus II menjadi 81,8 dengan kualifikasi baik. Dengan demikian strategi belajar PQ4R telah dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensif,PQ4R |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:02 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19075 |