Nasution, Asna Parisah (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Menggunakan Terpadu Model Dengan Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SD Negeri 263 Aekholbung Kecamatan Batang Natal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ASNAH_PARISAH_NASUTION_2587_15129054_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_ASNAH_PARISAH_NASUTION_2587_15129054_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ASNAH_PARISAH_NASUTION_2587_15129054_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan dalam proses pembelajaran kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di kelas IV SDN 263 Aekholbung yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN 263 Aekholbung dengan jumlah 20 orang siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus satu 2x pertemuan dan siklus dua 1x pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I pertemuan 1 84,09% (B) dan siklus I pertemuan II 88,63% (A-), dan siklus II 95,45%.b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I Pertemuan 1dengan rata-rata 77,77% (C) dan siklus I pertemuan II 88,88% (A-), dan siklus II 94,44% ,sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 77,77 % (C), dan siklus I pertemuan II 88,88% (A-),Dan siklus II 94,44 % .Penilaian terhadap siswa dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I pertemuan I diperoleh dengan rata-rata 67,5% dan siklus I Pertemuan II dengan rata-rata 77,82%.Dan siklus II 86,18%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan dengan model Cooperative Learning tipe Make a match dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning Tipe Make A Match, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:00 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19058 |