Asmah, Asmah (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Group Investigation di Kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ASMAH_1308816_5134_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_ASMAH_1308816_5134_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ASMAH_1308816_5134_2017.pdf
Download (705kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa rendah. Kondisi ini disebabkan guru dalam pembelajaran IPS pada umumnya masih teacher center, sehingga pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa belum seimbang. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model group investigation pada siswa kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian terdiri dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Langkah penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa. Penilaian RPP siklus I 82% dengan kualifikasi baik (B). Penilaian pelaksanaan dari aktivitas guru pada siklus I 82% dengan kualifikasi baik (B), aktivitas siswa siklus I 81% dengan kualifikasi baik (B), pada siklus II 92,85% kualifikasi sangat baik (SB). Aktivitas guru dan siswa pada siklus II 93,75 dan 93,75% kualifikasi sangat baik (SB), hasil belajar pada siklus II 86% kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I 78% kualifikasi baik (B), pada siklus II 86% kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 09 Bandar Buat Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model group investigation, hasil belajar, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:58 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19054 |