Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan dan Skala Dengan Kontruktivisme Bagi Siswa Kelas VSDN 15Mawar Kecamatan Lintau Buo Utara Kab.Tanah Datar

Ildi, Arya Ridha (2016) Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan dan Skala Dengan Kontruktivisme Bagi Siswa Kelas VSDN 15Mawar Kecamatan Lintau Buo Utara Kab.Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ARYA_RIDHA_ILDI_93669_4786_2017.pdf] Text
final_B1_06_ARYA_RIDHA_ILDI_93669_4786_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan diSD N 15 Mawar Kecamatan Lintau Buo Utara bahwa proses pembelajaran MTK masih rendah hal ini disebabkan guru belum membangunpengetahuan dengan benar, pada tahap menumbuhkan guru lebih cebderung menggunakan modode ceramah sehingga hasil tugas siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatanKontruktivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan hasil pembelajaran siswa di kelas V SD N 15 Mawar Kecamatan Lintau Buo Utara. Jenis penelitian ini adalah PTK (ClassroomActionResearch), penelitian menggunakan pendekatankualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakn pada semester II tahun ajaran 2015/2016 di N 15 Mawar , yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VSD N 15 Mawar, dengan jumlah siswa22 orang, terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, evaluasi (non-tes), dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan peningkatan pada perencanaan yaitu (a) RPP Siklus 1 diperoleh nilai 82,1 % (B) dan meningkat pada sikuls II dengan nilai 87,5 % (B), (b) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru, pada siklus I diperoleh nilai 77,3% (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 92,05 % (SB). Pada aspek siswa siklus I diperoleh nilai 67,05% (C). Dan meningkat pada siklus II menjadi 89,8% (B), (c) Hasil belajar pada siklus I pembelajaran MTK di peroleh nilai 70,03 % (C) pada siklus II meningkat menjadi 80,17% (B). Dapat disimpulkan bahwa pendekatanKontruktivismedapat meningkatan pembelajaran MTK di kelas V SD N 15 Mawar Kecamatan Lintau Buo Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontruktivisme, Perbandingan ,Skala
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 31 Jul 2025 01:58
Last Modified: 31 Jul 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19053

Actions (login required)

View Item
View Item