Anggraini, Dwi (2014) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Training Within Industry Dengan Pembelajaran Konvensioal Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Bangunan Bertingkat di SMK Negeri 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_DWI_ ANGGRAINI_13747_451_2014.pdf [thumbnail of B1_04_DWI_ ANGGRAINI_13747_451_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_DWI_ ANGGRAINI_13747_451_2014.pdf
Download (5MB)
Abstract
Instalasi Penerangan Bangunan Bertingkat (IPBB) merupakan salah satu
mata pelajaran praktik yang diajarkan di SMK N 1 Batipuh. Pembelajaran ini
terdiri dari job-job kerja tiap praktiknya. Pentingnya pemilihan strategi yang tepat
pada mata pelajaran IPBB agar hasil belajar siswa meningkat. Strategi
Pembelajaran training within industry (TWI) merupakan strategi yang tepat untuk
diterapkan karena siswa dituntut untuk menyelesaikan praktikum dengan tepat
waktu dan proses yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan
hasil belajar praktik siswa menggunakan strategi pembelajaran TWI dan
pembelajaran konvensional pada mata pelajaran instalasi penerangan bangunan
bertingkat siswa kelas XI TITL SMK N 1 Batipuh.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI TITL program keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMKN 1
Batipuh dengan jumlah siswa 42 orang, dimana XI TITL I merupakan kelas
kontrol dan XI TITL II merupakan kelas eksperimen. Penentuan kelas ini
dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan instrumen berupa penilaian kinerja dengan kriteria
(rubrics) yang dinilai dari tahap persiapan kerja,proses, hasil kerja, sikap kerja,
laporan hasil kerja, dan waktu pelaksanaan praktikum. Sebelum penilaian
digunakan, maka dilakukan validasi terhadap penilaian ini . Validitas dalam
penelitian ini menggunakan validitas isi yaitu dengan menyusun aspek yang akan
dinilai pada mata pelajaran IPBB kelas XI TITL sesuai kurikulum dan dimintakan
pendapat penimbang ahli. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana ratarata
nilai kelas eksperimen adalah 83,14, sedangkan pada kelas kontrol
mempunyai rata-rata 75. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada
kelas kontrol. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran training
within industry dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil
belajar IPBB.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 10:23 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 10:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19038 |