Kurniawan, Haris (2011) Pengaruh Aplikasi Presentasi Multimedia Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas XII di SMK Dhuafa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HARIS_KURNIAWAN_94246_651_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HARIS_KURNIAWAN_94246_651_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HARIS_KURNIAWAN_94246_651_2012.pdf
Download (12MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Dhuafa Padang hasil
belajar siswa pada mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaaan Informasi
(KKPI) kurang optimal. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mendapatkan
nilai dibawah kriteria ketuntasan minimun (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 65.
Kurang optimalnya hasil belajar siswa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya
media pembalajaran. Untuk itu dilakukan penelitian menggunakan media aplikasi
presentasi multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh
penggunaan aplikasi presentasi multimedia terhadap hasil belajar siswa pada mata
diklat KKPI di SMK Dhuafa Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas
XII di SMK Dhufa Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 2
kelas. Pada kelas eksperimen (kelas XII OL) pembelajaran menggunakan aplikasi
presentasi multimedia sedangkan pada kelas kontrol (kelas XII BM) pembelajaran
dilakukan dengan metode konvensional. Sampel diambil dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized
control-group postest only design. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes
hasil belajar yang dilakukan di akhir penelitian. Teknik analisis data menggunakan
uji t dengan kriteria thitung > ttabel, maka hipotesis diterima dan sebaliknya.
Hipotesis yang dikemukakan adalah terdapat pengaruh penggunaan aplikasi
presentasi multimedia terhadap hasil belajar pada mata diklat KKPI siswa Kelas XII
di SMK Dhuafa Padang. Dari analisis data, didapatkan thitung adalah 2,13 dan ttabel
adalah 1,68, dengan demikian thitung > ttabel. Berdasarkan analisa tersebut berarti
hipotesis diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti
penggunaan aplikasi presentasi multimedia terhadap hasil belajar pada mata diklat
KKPI siswa kelas XII di SMK Dhufa Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 10:23 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 10:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19036 |