YENTI, FENI FEBRI (2015) ”Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan pendekatan Scientific di kelas V SDN 11Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FENI_FEBRI_YENTI_54236_337_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FENI_FEBRI_YENTI_54236_337_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FENI_FEBRI_YENTI_54236_337_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru, pembelajaran belum membentuk student self concept, pembelajaran belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasimiliasi dan mengakomodasikan konsep, hukum, dan prinsip. Tujuan penelitian dengan menggunakan pendekatan Scientific ini diharapkan agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan karena pendekatan Scientific dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dua siklus dengan empat pertemuan, alur penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 11 Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Pada siklus I penilaian terhadap RPP rata-rata persentase nilai 78,6% kriteria (baik), pada siklus II rata rata persentase nilai meningkat menjadi 92,9% kriteria (baik sekali). Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I rata-rata persentase nilai 77,5% kriteria (baik), pada siklus II meningkat menjadi 92,5% kriteria (baik sekali). Pelaksanaan pembelajaran aktifitas siswa mendapatkan rata-rata persentase nilai 75% kriteria (cukup) pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 92,5% kriteria (baik sekali). Penilaian terhadap hasil belajar pada siklus I rata-rata skor nilai 72,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,3 . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Scientific, hasil belajar siswa, penelitian tindakan kelas, pembelajaran aktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 10:21 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 10:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19029 |