Hidayat, Irvan (2012) Hubungan Tingkat Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tilatang Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_IRVAN HIDAYAT_02730_2012_4534.pdf [thumbnail of final_B1_7_IRVAN HIDAYAT_02730_2012_4534.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_IRVAN HIDAYAT_02730_2012_4534.pdf
Download (813kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan bahwa hasil belajar siswa masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh faktor disiplin belajar siswa yang masih rendah. Rendahnya disiplin belajar dapat dilihat dari seringnya siswa terlambat memasuki kelas pada saat jam pelajaran telah dimulai, kurangnya keseriusan siswa dalam belajar , siswa kurang memanfaatkan sarana dan prasarana belajar yang ada dan kurangnya disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan tingkat kedisiplinan dengan hasi belajar gambar teknik siswa kelas X SMK Negeri 1 Tilatang Kamang.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan yang berjumlah 47 orang dan semuanya dijadikan objek penelitian.Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat kedisiplinan belajar (X) dan hasil belajar (Y). Pengumpulan data dari responden di lakukan melalui angket penelitian. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan teknik korelasi sederhana dengan menggunakan bantuan program Excell dan SPSS (Statistical Product And Service Solution) versi 16.00. Untuk menentukan validitas angket menggunakan program SPSS dengan taraf signifikansi 5% diperoleh pernyataan yang gugur sebanyak 10 item.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa terdapat hubungan yang sedang antara tingkat kedisiplinan dengan hasil belajar dengan nilai r sebesar 0,460 dan nilai t hitung sebesar 3,47 yang diperoleh besar dari t tabel ( 3,47>1,679) yang artinya dan Ha diterima. Hal ini berarti tingkat kedisiplinan belajar siswa memberikan kontribusi / sumbangan sebesar 21,16% terhadap hasil belajar gambar teknik setelah melakukan uji korelasi signifikansi pada taraf 5%. selebihnya sebanyak 78,84% disebabkan oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar dengan hasil belajar terdapat hubungan yang sangat signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar, Gambar teknik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 10:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 10:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19024 |