Pengaruh Model Problem Base Learning terhadap Hasil Belajar Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil Kelas IV Sekolah Dasar Padang Utara

Fitri, Fitri (2019) Pengaruh Model Problem Base Learning terhadap Hasil Belajar Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil Kelas IV Sekolah Dasar Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FITRI_1201220_1005_2019.pdf] Text
final_B1_06_FITRI_1201220_1005_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru, dimana guru dominan dalam
proses
pembelajaran. Guru tidak membiasakan menggunakan model
pembelajaran. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil belajar FPB dan
KPK siswa. Sehingga siswa menjadi pasif dan mengakibatkan rendahnya hasil
belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan pengaruh dari
penerapan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasy Eksperiment. Desain
penelitian ini adalah non-equivalen pre-test and post-test control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang berada di
Gugus 1 Kecamatan Padang Utara. Penarikan sampel pada penelitian ini
dilakukan dengan Cluster Random Sampling yang jumlah sampelnya 44 orang.
Sebelum menentukan sampel maka dilakukan uji prasyarat normalistas,
homogenitas. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif berbentuk pilihan
ganda.
Berdasarkan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05)
diperoleh t hitung (4,33) dan tabel (1,67866). Sehingga t hitung > t tabel, dimana
4,33> 1,67866. Hal ini membuktikan diterima, yaitu Adanya pengaruh positif
dari penerapan model Problem Base Learning terhadap hasil belajar Faktor
Persekutuan Terbes

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:59
Last Modified: 30 Jul 2025 09:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19020

Actions (login required)

View Item
View Item