Syamsi, Harianti (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Konstruktivisme di kelas IV SD Negeri 09 Koto Luar Kecamatan Pauh Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HARIANTI_SYAMSI_1200585_5806_2016.pdf [thumbnail of B1_6_HARIANTI_SYAMSI_1200585_5806_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HARIANTI_SYAMSI_1200585_5806_2016.pdf
Download (586kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA yang belum sesuai
yang diharapkan, dimana RPP yang digunakan guru kurang melibatkan siswa
secara aktif dalam pembelajaran. Selain itu, dalam proses pembelajaran IPA guru
kurang mengembangkan kemampuan siswa dalam berfikir, sehingga hasil belajar
siswa menjadi rendah. Dengan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran
IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pmbelajaran IPA di kelas IV SD
Negeri 09 Koto Luar Kecamatan Pauh Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menghasilkan data deskriptif
berupa kata-kata tertulis atau lisan. Pendekatan kuantitatif adalah suatu
pendekatan yang dapat mengembangkan konsep konsep dalam satu angka. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 09 Koto Luar Kecamatan
Pauh Padang dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 19 orang siswa lakilaki
dan 16 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian meliputi rencana,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian siklus I pada rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu
80,3%, meningkat pada siklus II menjadi 87,4%. Hasil pengamatan aktivitas guru
siklus I 78,5%, meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Hasil pengamatan
aktivitas siswa siklus I yaitu 75%, meningkat pada siklus II menjadi 83,9%. Skor
rata-rata hasil belajar siswa 79,6% pada siklus I meningkat menjadi 86,3% pada
siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 09
Koto Luar Kecamatan Pauh Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:59 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19019 |