Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Oktaviani, Armiza (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ARMIZA_OKTAVIANI_09589_4585_2019.pdf] Text
final_B1_06_ARMIZA_OKTAVIANI_09589_4585_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran PKn dominan menggunakan metode pembelajaran konvensional, dimana guru yang berperan aktif sementara siswa lebih banyak diam dan mendengarkan sehingga pembelajaran menjadi monoton yang akibatnya hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar PKn dengan menggunakan metode bermain peran bagi siswa kelas V SDN 01 Bandar Buat kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran bagi siswa kelas V SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam : a) perencanaan pada siklus I pertemun I memperoleh persentase nilai 82% meningkat menjadi 96,4% pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran PKn dari aktivitas guru meningkat dari 81,82% pada siklus I meningkat menjadi 95,5% pada siklus II, pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 81,82% pada siklus I meningkat menjadi 95,5% pada siklus II, c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn siswa mengalami peningkatan dari 69 pada siklus I meningkat menjadi 80 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SDN 01 Bandar Buat kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) ,Metode Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:59
Last Modified: 30 Jul 2025 09:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item
View Item