Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN Duku Kecamatan XI Tarusan

Mandani, Hari (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN Duku Kecamatan XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HARI_ MARDANI_ 57039_1729_2014.pdf] Text
B1_6_HARI_ MARDANI_ 57039_1729_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masih menggunakan model ceramah dalam menyampaikan materi dan kegiantannya lebih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan dalam pembelajaran siswa kurang aktif sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas IV SD Negeri 22 Duku Kecamatan Koto IX tarusan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif.intrumen yang di gunakan untuk pengumpulan data berupa lembarab observasi.dokumentasi dab tes hasil belajar.data yang diperoleh dalam penelitian tindakan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif.data penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri atas dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan
Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah di laksanakan dengan menggunakan model pembelajaran langsung menunjukan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa Kelas IV SDN No. 22 DUKU. Pada siklus I rata-rata perencanaan pembelajaran RPP adalah 75% dan pada siklus II adalah 96%. Pelaksanaan pembelajaran aktifitas guru diperoleh hasil rata-rata siklus I adalah 75% dan siklus II adalah 98%, pelaksanaan pembelajaran aktifitas siswa pada siklus I adalah 75% pada siklus II diperoleh rata-rata 98%. Hasil belajar siklus I diperoleh rata-rata 67% pada siklus II diperoleh 80%. Telah terjadi peningkatan hasil siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:55
Last Modified: 30 Jul 2025 09:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item
View Item