Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 04 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman

Arita, Arita (2015) Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 04 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ARITA_57001_2101_2017.pdf] Text
final_B1_06_ARITA_57001_2101_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di SDN 04 Batang Gasan bahwa, dalam pembelajaran PKn masih berpusat pada guru, siswa tidak terlibat dalam menyelesaikan masalah, mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model Problem based Learning(PBL). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model Problem Based Learning(PBL) di kelas IV SDN 04 Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dilaksanakan dengan dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan RPP Siklus I 76,78% meningkat menjadi 96,42% pada siklus II. Peningkatan aktifitas guru pada siklus I 73,21 meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Aspek siswa dari siklus I 67,85% meningkat menjadi 89,28% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I 66,56 meningkat menjadi 83,74 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 04 Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar , Kewarganegaraan (PKn), Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:55
Last Modified: 30 Jul 2025 09:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18990

Actions (login required)

View Item
View Item