Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas Xi Sma/Ma

Setiadi, Trihanto (2019) Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas Xi Sma/Ma. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_Trihanto_Setiadi_15035120_1794_2019.pdf] Text
B1_07_Trihanto_Setiadi_15035120_1794_2019.pdf

Download (12MB)

Abstract

Bahan ajar adalah salah satu faktor penunjang untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang digunakan adalah modul. Dengan adanya perkembangan teknologi, maka dikembangkanlah bahan ajar dalam bentuk elektronik yaitu e-modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (four-D models) yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop yaitu uji validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. E-Modul divalidasi oleh 5 orang validator sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 3 orang guru kimia dan 27 siswa kelas XI MIA SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Data hasil uji validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula kappa cohen. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata momen kappa uji validitas sebesar 0,953 dengan kategori kevalidan sangat tinggi dan rata-rata momen kappa dari praktikalitas guru sebesar 0,92 dan siswa sebesar 0,883 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa e-modul asam basa berbasis discovery learning yang dihasilkan untuk siswa SMA/MA valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Asam Basa, Discovery Learning, Research and Development (R&D), Model 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:52
Last Modified: 30 Jul 2025 09:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18974

Actions (login required)

View Item
View Item