Rahmadhani, Tanjung, Riri (2018) Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas III SD Negeri Gugus II Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RIRI_RAHMADHANI_TANJUNG_1304907_2415_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_RIRI_RAHMADHANI_TANJUNG_1304907_2415_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RIRI_RAHMADHANI_TANJUNG_1304907_2415_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas III SD Negeri Gugus II Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Metode ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasinal dengan populasi seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 162 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling yang 52 orang. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistic uji t dengan taraf sinifikansi 5% (0.05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penguasaan kosakata peserta didik berada pada kualifikasi cukup ( 66,63 ). Kedua, kemampuan membaca pemahaman peserta didik berada pada kualifikasi baik ( 75,57 ). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman pada derajat kebebasan n-2 (52-2=50) dan taraf signifikansi 0.05 hasil penelitian membuktikan thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 11,090 > 2,009. Dengan demikian, semakin banyak penguasaan kosakata peserta didik, maka akan semakin baik kemamuan membaca pemahamannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hubungan penguasaan kosakata, membaca pemahaman, peserta didik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:50 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18971 |