Jalius, Ahmad Valinsky (2014) Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Pembelajaran Musik Ensambel Pianika menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas V SDN 08 Padang Besi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AHMAD_VALINSKY_JALIUS_54313_6034_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_AHMAD_VALINSKY_JALIUS_54313_6034_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AHMAD_VALINSKY_JALIUS_54313_6034_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran seni musik masih terfokus pada penghafalan fakta dan konsep. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa bermain Musik Ensambel Pianika dalam proses pembelajaran seni musik di kelas V SDN 08 Padang Besi.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 08 Padang Besi, dengan jumlah siswa 21 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Sumber data pada penelitian ini meliputi, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, penilaian proses dan hasil, serta dokumentasi.
Pada rancangan pembelajaran siklus I diperoleh skor 87% (SB), siklus II meningkat menjadi 94%(SB). Pada pelaksanaan pembelajaran, skor aktivitas guru siklus I diperoleh 75%(B) , siklus II meningkat menjadi 92,5%(SB), skor aktivitas siswa siklus I diperoleh 71%(B), siklus II meningkat menjadi 90%(SB). Rata-rata penilaian proses belajar siklus I diperoleh skor 65,5(C) siklus II mengalami peningkatan menjadi 81(SB). Rata-rata penilaian hasil belajar siklus I diperoleh skor 69(C) siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,3(SB). Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata kelas siswa 67.3(C), siklus II rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 81,3(SB).
Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan pembelajaran seni musik memainkan ensambel Pianika menggunakan model pembelajaran langsung di kelas V SDN 08 Padang Besi meningkatkan keterampilan siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Musik Ensambel, Model Pembelajaran Langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > ML Literature of music |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:48 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18959 |