Indra, Widya (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 08 Padang Besi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_WIDYA_INDRA_1200721_254_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_WIDYA_INDRA_1200721_254_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_WIDYA_INDRA_1200721_254_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA yang masih rendah dikarenakan pembelajaran IPA masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak memiliki kesempatan untuk merumuskan gagasannya dan menemukan sendiri fakta serta konsep materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri di kelas IV SD Negeri 08 Padang Besi kota Padang.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan
data melalui observasi dan tes. Subjeknya adalah guru dan siswa kelas IV SD
Negeri 08 Padang Besi Kota Padang. Penelitian ini dilakanakan dalam dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dalam (a) perencanaan pada siklus I 73,21 meningkat pada siklus II menjadi 83,93 (B), (b) pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I 79,17 meningkat pada siklus II menjadi 89,58 (SB) dan aktivitas siswa pada siklus I 77,08 meningkat pada siklus II menjadi 85,41 (B), (c) hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 69,44 (C) dengan penilaian kognitif 68,60, afektif 71,20, dan psikomotor 69,00 meningkat menjadi 82,24 (B) pada siklus II dengan penilaian kognitif 85,20, afektif 81,38, dan psikomotor 80,80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 08 Padang Besi Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:48 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18954 |