Mishbah, Nurul (2012) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Metode Bermain Dadu Geometri di Taman Kanak-Kanak Tunas Karya Padang panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_NURUL_MISBAH_08397_489_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_NURUL_MISBAH_08397_489_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_NURUL_MISBAH_08397_489_2012.pdf
Download (382kB)
Abstract
Memahami bilangan dan geometri penting bagi anak dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Di TK Tunas karya Padangpanjang, kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan, mengenal konsep bilangan, ,mengenal bentuk geometri, penjumlahan dan pengurangan dengan benda masih rendah. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dilaksanakan penelitian melalui metode bermain dadu geometri.
Jenis penelitian yang ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah kelompok B2 TK Tunas karya Padangpanjang yang berjumlah 14 anak. Tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa format observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan anak , selanjutnya data diolah dengan tekhnik persentase. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Satu siklus 3 kali pertemuan.
Hasil penelitian di setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam memahami bilangan dan mengenal bentuk geometri. Dari kondisi awal ke siklus I mengalami peningkatan namun belum mencapai KKM dan siklus II hasil peningkatannya sudah mencapai KKM. Berdasarkan adanya peningkatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa bermain dadu geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain dadu geometri. di TK Tunas Karya PadangPanjang khususnya kelompok B2
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bilangan, Geometri, Kemampuan kognitif anak, Peningkatan kemampuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Putra Albestin |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:47 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18947 |