Pengaruh Penerapan Metode Make a Match menggunakan media Animasi Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok.

Hendra, Hendra (2013) Pengaruh Penerapan Metode Make a Match menggunakan media Animasi Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HENDRA_02820_3634_2013.pdf] Text
final_B1_06_HENDRA_02820_3634_2013.pdf

Download (523kB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa dan penerapan metode
pembelajaran langsung yang cenderung terpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang
menerapkan metode cooperative learning tipe make a match menggunakan media
animasi dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran langsung. Penelitian
ini juga bertujuan untuk mengungkap metode yang menghasilkan nilai hasil belajar
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang lebih baik diantara kedua metode
pembelajaran tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah “Randomized Control Group Post Test Only Design”. Setelah pembelajaran
dilaksanakan, diberikan tes akhir kepada kedua kelas untuk mendapatkan nilai
akhir. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa
soal objektif sebanyak 16 soal. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa
yang menggunakan Pembelajaran make a match menggunakan media animasi
yaitu 75,59 sementara siswa yang menggunakan metode pembelajaran langsung
lebih rendah yaitu 67,04. Hasil hipotesis dengan menggunakan rumus secara
manual di dapati bahwa thitung 2,89 > ttabel (1.684), sehingga hipotesis alternative
(Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara
signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata
hasil belajar kelas kontrol

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan make a match, Media Pembelajaran, Pembelajaran langsung, Kontrol dan Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:46
Last Modified: 30 Jul 2025 09:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18944

Actions (login required)

View Item
View Item