Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Model Pembelajaran Team Quiz di Kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi

Novendra, Ari (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Model Pembelajaran Team Quiz di Kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ARI_NOVENDRA_1304956_3283_2017.pdf] Text
final_B1_06_ARI_NOVENDRA_1304956_3283_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang kurang dapat untuk mengaktifkan siswa. Guru sering menjelaskan pembelajaran PKn yang ada di dalam buku paket tanpa mengaitkan masalah dalam kehidupan nyata, menyebabkan pembelajaran kurang menarik dan siswa menjadi kurang aktif.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model Team Quiz di kelas IV SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi sebanyak26 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Rancangan penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 89 % (SB) Siklus II 96% (SB) b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 86.5% (SB), Siklus II 98% (SB) c) Pelaksanaan pada aspek siswa siklus I 75 % (B) dan Siklus II 95 % (SB) d) hasil belajar siswa siklus I 73 (C), Siklus II 85 (B). Dengan demikian model Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Team Quiz
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:49
Last Modified: 30 Jul 2025 07:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18935

Actions (login required)

View Item
View Item