Amir, Irfan (2019) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Think Pair Share pada Mata Diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin (DPTM) Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_IRFAN_AMIR_15067032_3441_2019.pdf [thumbnail of final_B1_7_IRFAN_AMIR_15067032_3441_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_IRFAN_AMIR_15067032_3441_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang diperlukan setiap manusia agar dapat mengembangkan kemampuan, bakat dan potensi yang dimiliki didalam dirinya. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan. Salah satunya pada mata diklat DPTM di SMK Negeri 1 Pariaman. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah Untuk peningkatan hasil belajar pada mata diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Pariaman.
Metodologi penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas, peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2019 di kelas X TMI 2 dengan jumlah siswa 27 orang, yang terdiri dari tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data yang dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan, peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pre-Test dan Post-Test. Mata Diklat yang dipakai dalam penelitian ini adalah Dasar Perancangan Teknik Mesin.
Hasil penelitain ini didapatkan peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar antara siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I aktivitas belajar mencapai 64,27%, pada siklus II aktivitas belajar mencapai 72,06% dan pada siklus III aktivitas belajar mencapai 86,57%. Sementara pada hasil belajar siswa yang telah dilakukan Pada siklus I memiliki ketuntasan klasikal mencapai 48,14%, pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 70,37% dan pada siklus III ketuntasan klasikal mencapai 85,19%. Sementara nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 66,18, pada siklus II meningkat menjadi 74,72 dan pada siklus III meningkat menjadi 82,78.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Model pembelajaran Think Pair Share, Pembelajaran kolaboratif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:49 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18929 |