Pengaruh Pembuatan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Di Kelas Iv Sd 01 Bandar Buat Kota Padang

Navira, Widia (2017) Pengaruh Pembuatan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Di Kelas Iv Sd 01 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_WIDIA_NAVIRA_1308821_4952_2017.pdf] Text
final_B1_06_WIDIA_NAVIRA_1308821_4952_2017.pdf

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPS, pembelajaran masih menggunakan metode ceramah.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembuatan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 01 Bandar Buat.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Bandar Buat. Berdasarkan data Pretest sehingga diperoleh kelas IVB dengan jumlah 25 orang siswa dengan rata-rata rendah sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVA dengan jumlah 25 orang siswa dengan rata-rata tinggi sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sempel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampling dikatakan jenuh (tuntas )bila seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah melalui tes, berupa soal objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan perbedaan rata-rata nilai melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sehingga dilakukan dengan uji t (t-test).
56)=1,671 sedangkan thitung=2,42. Ternyata thitung>t tabel, bearti hipotesis HO ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan pada pembuatan Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS. Dapat disimpulkan bahwa pembuatan Mind Mapping berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mind mapping , Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:49
Last Modified: 30 Jul 2025 07:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18926

Actions (login required)

View Item
View Item