Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PKn dengan Model Pembelajaran Time Token ( TITO ) Arends di Kelas IV SDIT Nurul Ikhlas Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Handayani, Widia (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PKn dengan Model Pembelajaran Time Token ( TITO ) Arends di Kelas IV SDIT Nurul Ikhlas Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_WIDIA_HANDAYANI_1108321_4573_2017.pdf] Text
final_B1_06_WIDIA_HANDAYANI_1108321_4573_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan pembelajaran PKn yang berpusat pada guru tanpa memperhatikan keterampilan berbicara siswa. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif, takut dalam menyampaikan pendapat dan kurang menghargai teman dan kurang dalam bersosialisasi. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan model pembelajaran Time Token ( TITO ) Arends di kelas IV SDIT Nurul Ikhlas Air Tawar Timur Kota Padang
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil penilaian RPP, hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru dan siswa, serta evaluasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDIT Nurul Ikhlas Air Tawar Timur Kota Padang yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian menunjukkan penilaian RPP untuk siklus I adalah 72% dan siklus II adalah 87%. Penilaian pelaksanaan dari aktivitas guru siklus I adalah 70% dan siklus II adalah 91%. Untuk aktivitas siswa siklus I adalah 70% dan siklus II adalah 89%. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76 dan pada siklus II adalah 86%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token ( TITO ) Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDIT Nurul Ikhlas Air Tawar Timur Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Time Token Arends
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:47
Last Modified: 30 Jul 2025 07:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18913

Actions (login required)

View Item
View Item