Yuskha, Ahmad Sudrajat (2012) Pengaruh penerapan Penilaian Produk Dalam Kelompok dan Individu Pada Pembelajaran Bervariatif Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AHMAD SUDRAJAT_86264.pdf [thumbnail of final_B1_6_AHMAD SUDRAJAT_86264.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AHMAD SUDRAJAT_86264.pdf
Download (508kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa rata-rata pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa masih dibawah KKM. Penyebabnya adalah proses pembelajaran dan proses penilaian yang digunakan belum melaksanakan pembelajaran yang bervariatif dan proses penilaian berbasis kelas. Penilaian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah peniaian produk dalam kelompok dan individu pada pembelajaran bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang berarti antara penilaian produk dalam berkelompok dan individu pada pembelajaran bervariatif terhadap peningkatan pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi kelas VIII SMPN 1 Ranah Pesisir. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang berarti penerapan penilaian produk dalam kelompok dan Individu pada pembelajaran bervariatif terhadap pencapaian kompetensi IPA Fiska siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi kelas VIII SMPN 1 Ranah Pesisir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, kelas yang terpilih menjadi kelas sampel adalah kelas VIII1 dan VIII2. Alat pengumpul data pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa pada ranah kognitif adalah tes akhir berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Sedangkan alat pengumpul data pencapaian kompetensi siswa pada ranah afektif dan psikomotor masing-masing adalah lembar observasi afektif dan lembar observasi psikomotor.
Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan, pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor berturut-turut di kelas eksperimen 1 adalah (79.79), (76.56), (82.28) dan di kelas eksperimen 2 adalah (73.87), (75.87), (75.48). Pada ranah afektif dilihat dari grafik kedua kelas samasama mengalami peningkatan tapi lebih tinggi kelas eksperimen 1. Ketiga data ini dianalisis dengan melakukan uji hipotesis tentang kesamaan dua rata-rata menggunakan statistik penguji t yang hasilnya pada pada ranah kognitif th = 3,83 dan tt = 2,00 (th > tt), pada ranah afektif th = 1.63 dan tt = 2.00 (th < tt), dan pada ranah psikomotor th = 2.043 dan th = 2.00 (th > tt). Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada ranah kognitif dan psikomotor terdapat pengaruh yang berarti antara penilaian produk dalam kelompok dan individu pada pembelajaran bervariatif terhadap pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa pada materi getaran gelombang dan bunyi kelas VIII SMPN 1 Ranah Pesisir.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk, Pembelajaran Bervariatif, Kompetensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18910 |