Fitri, Hayatul (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP Negeri 22 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_Hayatul_Fitri_15023009_2735_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_Hayatul_Fitri_15023009_2735_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Hayatul_Fitri_15023009_2735_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Pelaksanaan
Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMPN 22 Padang. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Instrumen
utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen
pendukung seperti alat tulis, tape rekorder dan kamera. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara studi pustaka, wawancara, dan observasi. Langkah-langkah
untuk menganalisis data adalah mengumpulkan data, mengidentifikasi data,
mengklasifikasi data, mendeskripsikan dan menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang
dibuat oleh Guru kurang relevan karena topik pelajaran di K13 SMP semester II
adalah bermain musik Ansambel Sejenis (daerah setempat/nusantara). Karena
ketidaksesuaian topik pelajaran dalam K13 mengakibatkan KD dan indikator KD
juga tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan K13. Dalam
merumuskan tujuan pembelajaran tidak memuat domain kognitif, afektif, dan
psikomotor. Media yang digunakan tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dari
semua permasalahan diatas akhirya performensi guru dalam melaksanakan
pembelajaran menjadi kurang memadai dan akhirnya pembelajaran menjadi
kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:45 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18898 |