Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Penyajian Data Dalam Bentuk Daftar, Tabel, dan Diagram dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 01 Halaban

Salsabila, Hanum (2021) Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Penyajian Data Dalam Bentuk Daftar, Tabel, dan Diagram dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 01 Halaban. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HANUM_SALSABILA_17129218_1566_2022.pdf] Text
B1_6_HANUM_SALSABILA_17129218_1566_2022.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pelaksanaan
pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V
SD Negeri 01 Halaban Kabupaten 50 Kota. Permasalahan yang dikaji dalam
penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar materi penyajian data dalam bentuk
daftar, tabel dan diagram dengan model PBL di kelas V SDN 01 Halaban. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi
penyajian data dalam bentuk daftar, tabel dan diagram dengan model Problem
Based Learning di kelas V SDN 01 Halaban.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan
pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta
didik kelas V SDN 01 Halaban yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksanakan
dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan instrumen penelitian adalah
observasi,tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I
memperoleh rata-rata presentase 80,55% (B) meningkat pada siklus II menjadi
94,44% (A), b) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 82,10%
(B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (A), c) Aktivitas peserta didik siklus
I memperoleh rata-rata persentase 80,35% (B) kemudian meningkat pada siklus II
menjadi 92,85% (A), dan d) Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh
rata-rata hasil belajar 72,5% dengan predikat C kemudian meningkat pada siklus II
menjadi 86,8% dengan predikat B. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan
bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada materi penyajian data dalam bentuk daftar, tabel dan diagram.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:44
Last Modified: 30 Jul 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18892

Actions (login required)

View Item
View Item