Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 33 Sawahan

Hayyi, Hanna Ayatul (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 33 Sawahan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HANNA_AYATUL_HAYYI_17129035_2767_2021.pdf] Text
B1_6_HANNA_AYATUL_HAYYI_17129035_2767_2021.pdf

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di lapangan
yaitu guru belum mengembangkan RPP yang terdapat pada buku guru,
pembelajaran berpusat pada guru, siswa cenderung pasif dalam pembelajaran
mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini secara umum
adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran
tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT di kelas IV
SDN 33 Sawahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan
yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan
pada bulan Maret bertetapan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN 33 Sawahan dimana tercatat
siswa sebanyak 28 orang, 10 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswi perempuan.
Instrumen penelitian adalah lembar observasi berupa lembar pengamatan RPP,
lembar pengamatan aspek guru dan lembar pengamatan siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I
memperoleh nilai rata-rata 79.11% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada
siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan
pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata 79,5% dengan
kualifikasi cukup (C) , meningkat pada siklus II aspek guru memperoleh nilai
93%, dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek siswa memperoleh nilai 79,5 %
dengan kualifikasi cukup (C), meningkat siklus II aspek siswa memperoleh nilai
93% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siswa pada siklus I di
peroleh rata-rata 80,71 dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II menjadi
93,08 dengan kualifikasi SB. Dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif
tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik
terpadu di kelas IV SDN 33 Sawahan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:55
Last Modified: 30 Jul 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18890

Actions (login required)

View Item
View Item