Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 25 Padang

Indriani, Hanisa (2016) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HANISA INDRIANI_1201120_4841_2016.pdf] Text
B1_6_HANISA INDRIANI_1201120_4841_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam ekstrakurikuler seni tari, dimana siswa terpaku hanya dari gerak yang diberikan oleh guru tidak dapat menemukan gerak sendiri yang kreatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 25 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Pada penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi dan tes keterampilan. Objek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 25 Padang kelas ektrakurikuler tari yang berjumlah 20 orang.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, setelah memperhatikan ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 25 Padang membuktikan bahwa pelaksanaan metode discovery dapat menumbuhkan kreativitas siswa seperti, kelancaran gerak, keluwesan gerak, elaborasi, dan originalitas gerak sehingga berdampak kepada kreativitas siswa dalam menemukan gerak tari. Dimana pada pertemuan pertama kreativitas siswa tergolong dalam kategori kurang kreatif dan pada pertemuan keempat tergolong dalam kategori kreatif. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan kreativitas siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian menunjukkan kreativitas siswa meningkat pada setiap pertemuannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:55
Last Modified: 30 Jul 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18888

Actions (login required)

View Item
View Item