Efektivitas Penggunaan Kertas Kokoru terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Islam Daud Kholifatulloh Tabing

Putri, Ella Wandriani (2017) Efektivitas Penggunaan Kertas Kokoru terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Islam Daud Kholifatulloh Tabing. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_ELLA_WANDRIANI_PUTRI_1305168_176_2017.pdf] Text
final_B1_07_ELLA_WANDRIANI_PUTRI_1305168_176_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah yang ditemukan di Taman Kanak- kanak Islam Daud Kholifatulloh Tabing. Masalah yang ditemukan yaitu perkembangan motorik halus anak tampak tidak lentur dalam memegang alat alat tulis, sehingga menulis keluar garis,jari jemari anak masih kaku dalam memegang gunting sehingga kegiatan menggunting yang dilakukan kurang rapi, dan kegiatan yang biasa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak adalah papan tulis, lembar kerja anak berupa mewarnai dan kolese. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektif penggunaan kertas kokoru terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Islam Daud Kholifatulloh Tabing. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Islam Daud Kholifatulloh Tabing, dan teknik pengambilan sampelnya Cluster sampling, yaitu kelas B2 dan kelas B3 masing-masingnya berjumlah 16 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 4 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 83,59 dan SD sebesar 6,20 sedangkan pada rata-rata kelompok kontrol adalah 75,39 dan SD sebesar 6,43. Pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 3,565 dan t sebesar 2,04227 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 30 jadi pada data diatas dapat dilihat bahwa kemampuan motorik halus anak pada kelas eksperimen yang menggunakan kertas kokoru lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan kertas origami. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kertas kokoru lebih efektif terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Islam Daud Kholifatulloh Tabing

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Kertas Kokoru, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:54
Last Modified: 30 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18884

Actions (login required)

View Item
View Item