Pengaruh Metode Kauny Quantum Memory terhadap Kemampuan Menghafal Ayat-ayat Al-Quran di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Husnul Khatimah Padang

Irawati, Elfi (2017) Pengaruh Metode Kauny Quantum Memory terhadap Kemampuan Menghafal Ayat-ayat Al-Quran di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Husnul Khatimah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_ELFI_IRAWATI_1200780_2056_2017.pdf] Text
final_B1_07_ELFI_IRAWATI_1200780_2056_2017.pdf

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingya menghafal ayat-ayat AlQuran terutama surat-surat pendek bagi kehidupan. Kegiatan menghafal Al-Quran seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan bukan beban. Disini peneliti mencoba mengangkatkan suatu metode menghafal Al-Quran yang menggunakan teknik cerita dan gambar/ilustrasi serta gerakan untuk mengingat ayat yang dihafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode Kauny Quantum Memory terhadap kemampuan menghafal ayat-ayat Al-Quran di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Husnul Khatimah Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi experimental. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Husnul Khatimah Padang yang berjumlah 35 orang yang terbagi dalam 4 kelompok belajar. Teknik pengambilan sampelnya cluster sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. Teknik pengmpulan data digunakan tes lisan dan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 85,5 dan SD sebesar 40,25 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 77,5 dan SD sebesar 35,75. Pada pengujian hipotesis diperoleh t sebesar 3,787 dan t sebesar 2,10092 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 18. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Kauny Quantum Memory sangat berpengaruh terhadap kemampuan menghafal ayat-ayat Al-Quran di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Husnul Khatimah Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kauny Quantum Memory, Hafalan Al-Qur’an, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:54
Last Modified: 30 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18881

Actions (login required)

View Item
View Item