Irawati, Elfi (2017) Pengaruh Metode Kauny Quantum Memory terhadap Kemampuan Menghafal Ayat-ayat Al-Quran di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Husnul Khatimah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_ELFI_IRAWATI_1200780_2056_2017.pdf [thumbnail of final_B1_07_ELFI_IRAWATI_1200780_2056_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_ELFI_IRAWATI_1200780_2056_2017.pdf
Download (682kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingya menghafal ayat-ayat AlQuran terutama surat-surat pendek bagi kehidupan. Kegiatan menghafal Al-Quran seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan bukan beban. Disini peneliti mencoba mengangkatkan suatu metode menghafal Al-Quran yang menggunakan teknik cerita dan gambar/ilustrasi serta gerakan untuk mengingat ayat yang dihafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode Kauny Quantum Memory terhadap kemampuan menghafal ayat-ayat Al-Quran di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Husnul Khatimah Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi experimental. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Husnul Khatimah Padang yang berjumlah 35 orang yang terbagi dalam 4 kelompok belajar. Teknik pengambilan sampelnya cluster sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. Teknik pengmpulan data digunakan tes lisan dan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 85,5 dan SD sebesar 40,25 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 77,5 dan SD sebesar 35,75. Pada pengujian hipotesis diperoleh t sebesar 3,787 dan t sebesar 2,10092 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 18. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Kauny Quantum Memory sangat berpengaruh terhadap kemampuan menghafal ayat-ayat Al-Quran di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Husnul Khatimah Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kauny Quantum Memory, Hafalan Al-Qur’an, Anak Usia Dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18881 |