Efridayanti, Efridayanti (2018) Pelaksanaan Pengembangan Percaya Diri Anak di Taman Kanak-kanak Hauriyah Halum Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_EFRIDAYANTI_1305240_2125_2018.pdf [thumbnail of final_B1_07_EFRIDAYANTI_1305240_2125_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_EFRIDAYANTI_1305240_2125_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang kurang optimal dalam mengembangkan percaya diri kepada anak, guru kurang memberikan motivasi kepada anak, dan kesempatan kepada anak untuk mengutarakan pendapatnya dan ini berdampak terhadap perkembangan percaya diri anak. Berhubungan dengan hal di atas, peneliti mencoba melihat dari Taman Kanak-kanak Hauriyah Halum Kecamatan Padang Utara Kota Padang, salah satu TK yang memiliki program dalam mengembangkan percaya diri anak. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Pengembangan Percaya Diri Anak Di Taman Kanak-kanak Hauriyah Halum Kecamatan Padang Utara Kota Padang”. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan percaya diri anak di Taman Kanak-kanak Hauriyah Halum Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik di Taman Kanak-kanak Hauriyah Halum. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang di gunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan percaya diri anak yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Hauriyah Halum Padang telah terlaksana dengan baik. Hal itu terlihat dari segi program yang di gunakan, yaitu : program pengembangan percaya diri pada kegiatan sentra, program pengembangan percaya diri pada kegiatan pekan kreativitas, program pengembangan percaya diri pada kegiatan tahfidz, dan program pengembangan percaya diri pada kegiatan Al-Islam. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program tersebut dapat digunakan dalam mengembangkan percaya diri anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Percaya Diri, Anak Usia Dini, Pendidikan Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:53 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18878 |