Efektivitas Penggunaan Modul Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA

Apriani, Mutia (2018) Efektivitas Penggunaan Modul Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_MUTIA_APRIANI_14035010_3625_2018.pdf] Text
final_B1_07_MUTIA_APRIANI_14035010_3625_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari pengembangan modul kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis inkuiri terbimbing yang telah diuji validitas dan praktikalitas, namun belum diuji efektivitas. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain NonEquivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dimana kelas XI MIPA 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda, terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 56,9, lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan nilai 48,3. Data kedua kelas subjek terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 yaitu thitung (3,77) > ttabel (1,669). Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen 0,7 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol nilai N-Gain 0,6 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Inkuiri Terbimbing, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:53
Last Modified: 30 Jul 2025 06:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18877

Actions (login required)

View Item
View Item