Joery, Edvent (2017) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Las Dasar Kelas X Teknik Mesin di SMK Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_EDVENT_JOERY_1302511_3055_2017.pdf [thumbnail of final_B1_07_EDVENT_JOERY_1302511_3055_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_EDVENT_JOERY_1302511_3055_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berasal dari kenyataan di sekolah bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, diantarnya motivasi belajar, motivasi belajar sangat penting untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran, guna menanamkan jiwa kreatif serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran las dasar kelas X Teknik Mesin di SMK Semen Padang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu motivasi belajar sebagai variabel X dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran las dasar siswa kelas X Teknik Mesin di SMK Semen Padang dan apakah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran las dasar siswa kelas X Teknik Mesin di SMK Semen Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TM di SMK Semen Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket penelitian. Pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS versi 16.0.Uji coba instrumen penelitian dilakukan kepada siswa X TM 1, X TM 2, X TM 3 sebanyak 26 orang siswa. Untuk menentukan validitas dan reliabilitas angket menggunakan program SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikansi 5%, dan diperoleh pernyataan yang gugur sebanyak 4 item pernyataan. Angket penelitian diberikan kepada sampel penelitian yaitu siswa X TM 1, X TM 2, X TM 3 sebanyak 40 orang siswa. Berdasarkan hasi penelitian, diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,516 dan juga pada tabel r sebesar 0,312. Karena r hitung > besar dari r tabel, artinya motivasi mempunyai hubungan yang signifikan dan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%, dan persentase pengaruhnya sebesar 27 %. Penulis menyarankan agar guru lebih meningkatkan lagi motivasi siswa dengan memberikan dorongan kepada siswa untuk belajar, memberikan perhatian dan penghargaan kepada siswa pada mata pelajaran las dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Las Dasar, Korelasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:52 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18873 |