Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Kelas oleh Mahasiswa PPLK Sebagai Guru di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Ramadhan, Surya (2013) Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Kelas oleh Mahasiswa PPLK Sebagai Guru di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_SURYA_ RAMADHAN_00607_1209_2013.pdf] Text
B1_07_SURYA_ RAMADHAN_00607_1209_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas oleh mahasiswa PPLK sebagai guru di SMK Negeri 1 Bukittinggi dari kondisi sosio-emosional, kemampuan akademik guru dan keterampilan dalam pengelolaan kelas. Fenomena yang terlihat antara lain siswa sibuk dengan sendirinya, mengganggu temannya yang lain dan sering meminta permisi keluar kelas, serta ruangan kelas tidak nyaman untuk proses belajar mengajar serta banyaknya jumlah siswa yang berada dalam satu kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Bukittinggi yang berjumlah 300 orang. Penarikan sampel menggunakan rumus Riduwan sehingga diperoleh sampel 75 orang dengan Teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket, sedangkan analisis data diperoleh dengan cara persentase. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 25 siswa. Untuk menentukan Validitas dan reliabilitas instrument diperoleh dengan bantuan program SPSS Versi 16,00, dengan taraf signifikan 5%. Diperoleh 12 item pertanyaan yang tidak valid dari 42 item pertanyaan, yaitu dengan melihat nilai Cronboach’s Alpha yang diperoleh harga sebesar 0,396 untuk variabel pengelolaan kelas. Hasil penelitian ini mengungkapkan persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas oleh Mahasiswa di SMK N 1 Bukittinggi sebagai berikut : 1) Pengelolaan kelas oleh guru dari kondisi sosio-emosional yang terdiri dari tipe kepemimpinan guru, sikap guru dan suara guru juga berada pada kategori baik. 2) Kemampuan akademik guru yang terdiri dari penguasaan materi dan wibawa seorang guru berada pada kategori baik. 3) Keterampilan dalam pengelolaan kelas yang terdiri dari keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dan keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi yang optimal berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Pengelolaan Kelas, Mahasiswa PPLK, Praktik Mengajar, SMK Negeri 1 Bukittinggi, Kompetensi Mengajar, Pendidikan Kejuruan, Interaksi Guru dan Siswa, Kinerja Calon Guru, Lingkungan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:11
Last Modified: 30 Jul 2025 06:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item
View Item