Jamal, Elfia (2012) Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan social ( IPS ) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELFIA JAMAL_09596_2353_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELFIA JAMAL_09596_2353_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELFIA JAMAL_09596_2353_2013.pdf
Download (218kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran Siswa hanya duduk, diam, mendengar, dan mencatat materi yang disampaikan guru. Ini disebabkan karena guru kurang mampu mengembangkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara optimal dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa seringkali tidak bersemangat dan merasa jenuh dalam pembelajaran. Selain itu sebahagian siswa takut dan malu bertanya kepada guru, jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran mereka berdiam diri saja, sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan Media Gambar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari : Menyiapkan alat dan bahan, Memberikan pengantar, Merumuskan tujuan pembelajaran, Memperagakan gambar, Menjelaskan materi , menyimpulkan materi, dan memberikan Evaluasi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembaran observasi, dan Tes.
Penelitian menggunakan Media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar siswa siklus I adalah 68 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN 09 Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media gambar, IPS, Aktivitas, Hasil, aktif, Observasi, Rancangan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Penilaian pembelajaran. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:09 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18852 |