Indriyanti, Weni (2018) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 14 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_WENI_INDRIYANTI_1300539_845_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_WENI_INDRIYANTI_1300539_845_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_WENI_INDRIYANTI_1300539_845_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Model Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap – tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan memecahkan masalah. Dengan menggunakan model PBL, siswa dapat menggunakan dunia nyata sebagai titik awal di dalam PBL untuk pengembangan ide dan konsep dalam pembelajaran IPA. Namun fakta disekolah menunjukan bahwa guru kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan realita kehidupan siswa, sehingga mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep siswa dan berdampak pada hasil belajar . oleh sebab itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA?”.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experimen (eksperimen semu). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Non- Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 14 Pasaman yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VA yang terdiri dari 25 siswa dan kelas VB juga terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji – t yang didahului uji normalitas dan homogenitas variansi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem
Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 14 Pasaman. Hal
ini dibuktikan dari uji – t dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel(2,93) ≥ ttabel
(1,68). Nilai thitung ≥ ttabel menunjukkan bahwa hasil belajar kedua kelas berbeda
secara signifikan. Hasil belajar yang di peroleh kelas eksperimen lebih tinggi
daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean yang di peroleh kelompok
eksperimen 83,36 dan mean yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 77,12.
Berdasarkan nilai thitung tersebut maka H0 ditolak dan Ha dari penelitian ini dapat
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning
lebih efektif di bandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 04:00 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18842 |