Kontribusi Manajemen kelas dan Motivasi diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Reparasi Driver CD,VCD dan DVD Siswa Kelas XI Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012

Saputra, Ardianto Kurnia (2013) Kontribusi Manajemen kelas dan Motivasi diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Reparasi Driver CD,VCD dan DVD Siswa Kelas XI Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ARDIANTO_ KURNIA_ SAPUTRA_02718_968_2013.pdf] Text
final_B1_06_ARDIANTO_ KURNIA_ SAPUTRA_02718_968_2013.pdf

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran reparasi cd,vcd dan dvd siswa kelas XI Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota, dimana 46,30% siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran reparasi cd,vcd dan dvd yaitu 70 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan - penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya kontribusi Manajemen kelas dan motivasi diri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran reparasi cd,vcd dan dvd siswa kelas XI Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 54 orang dan sampel berjumlah 36 orang siswa kelas XI Teknik Elektronika SMK N 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran reparasi cd,vcd dan dvd SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Sedangkan data Manajemen kelas dan motivasi diri dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Manajemen kelas memberikan kontribusi sebesar 11,44% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012; (2) Motivasi diri siswa memberikan kontribusi sebesar 10,29% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012; (3) Manajemen kelas dan motivasi diri secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 19,02% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012. Jadi dapat disimpulkan bahwa Manajemen kelas dan Motivasi diri berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi Manajemen kelas dalam proses belajar mengajar dan semakin baik motivasi diri, maka hasil belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas, Motivasi diri, Hasil Belajar, Deskriptif Korelasional, Simple Random Sampling
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:51
Last Modified: 30 Jul 2025 03:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18832

Actions (login required)

View Item
View Item