Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Strategi Directed Reading Activity (DRA) di Kelas V SDN 36 Labuhan Tanjak Kec. Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan

Hasmaini, Hasmaini (2017) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Strategi Directed Reading Activity (DRA) di Kelas V SDN 36 Labuhan Tanjak Kec. Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HASMAINI_1108381_560_2018.pdf] Text
final_B1_06_HASMAINI_1108381_560_2018.pdf

Download (802kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran puisi belum sesuai
dengan tujuan yang diharapkan. Guru belum menggunakn strategi pembelajaran
yang mengembangkan langkah membaca puisi. Sehingga kemampuan membaca
puisi rendah. Penelelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran membaca puisi dengan
menggunakan strategi DRA
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang meliputi 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Penelitian ini dilksanakan dalam II siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 x
pertemuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran membaca puisi
menggunakan strategi DRA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas
Vsebanyak 23 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Pelaksanaan pada
aktivitas guru, siklus I 71,42%, kriteria cukup, dan siklus II 92,85%, ktireia sangat
baik, meningkat 21,43%. aktivitas siswa siklus I pada kegiatan prabaca 71,52%,
criteria cukup, dan siklus II pada kegiatan prabaca mningkat menjadi 78,52%
kriteria baik, Siklus pada kegiatan saat baca 69% dan siklus pada kegiatan saat
baca meningkat menjadi 77,69%, siklus I pada kegiatan pasca baca 76,65% siklus
II pada kegiatan pasca baca meningkat menjadi 88,69% b) pengamatan hasil
belajar siswa pada prabaca, saat baca dan pasca baca siklus I 72,05 kriteria cukup,
dan siklus II 81,63 kriteria baik, meningkat 9,58. Berarti, strategi DRA dapat
meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas V SDN 36 Labuhan Tanjak
Kec. Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:51
Last Modified: 30 Jul 2025 03:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18831

Actions (login required)

View Item
View Item