Iramawati, Iramawati (2016) Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Petak Lompat di Taman Kanak-kanak Laut Biru Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_IRAMAWATI_14022111_224_2016.pdf [thumbnail of final_B1_7_IRAMAWATI_14022111_224_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_IRAMAWATI_14022111_224_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan berhitung anak masih rendah, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan petak lompat di Taman Kanak-kanak Laut Biru Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) yaitu suatu penelitian yang bersifat meningkatkan proses pembelajaran yang dilaksanakan. Data penelitian yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 sebanyak 14 orang.
Pada hasil tindakan yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung pada anak,dari siklus I menunjukan bahwa kemampuan berhitung anak melalui permainan petak lompat mengalami peningkatan namun belum mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II menunjukan hasil yang diperoleh untuk semua aspek yang dinilai tentang kemampuan berhitung telah meningkat dan telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui permainan petak lompat dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Laut Biru Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung, Petak Lompat, Permainan Edukatif, Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:42 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18814 |