Ngaini, Rifha (2019) Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di Kelas VII-1 SMP Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_Rifha_Ngaini_15023106_3203_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_Rifha_Ngaini_15023106_3203_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Rifha_Ngaini_15023106_3203_2019.pdf
Download (1MB)
![final_B1_06_Rifha_Ngaini_15023106_3203_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_Rifha_Ngaini_15023106_3203_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Rifha_Ngaini_15023106_3203_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi siswa dalam pembelajaran Seni Tari di Kelas VII-1 SMP Negeri 12 Padang. Landasan teori yang dipakai berhubungan dengan belajar dan pembelajaran, motivasi belajar, dan pembelajaran seni tari di Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat tulis dan kamera. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, yaitu mengamati gejala yang timbul dari motivasi siswa terhadap pembelajaran tari baik dari aspek pengetahuan dan keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa pada pembelajaran tari di SMP Negeri 12 Padang dipengaruhi oleh faktor intrinsik (dari dalam) dan ekstrinsik (dari luar) diri siswa, sehingga menyebabkan adanya perbedaan kemampuan siswa dalam belajar tari secara individu dan kelompok. Jika dilihat secara individu, motivasi belajar tari masing-masing siswa kelas VII-1 adalah rendah, terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa secara individu pada bidang pengetahuan (teori) dan keterampilan (praktek) tari. Namun pada saat dilihat secara kelompok, motivasi belajar tari dari kelompok belajar tari siswa kelas VII 1 untuk kegiatan latihan khususnya justru lebih tinggi. Perbedaan ini menunjukkan bahwa belajar tari khususnya dalam bidang praktek yang dilakukan secara berkelompok oleh siswa, secara ekstrinsik telah meningkatkan hasil belajar siswa dalam kelompoknya. Karena adanya kerjasama, saling membantu, dan adanya rasa bersaing yang sehat antar kelompok, telah memacu siswa yangt kurang mampu mau belajar demi meningkatkan hasil belajar tari secara bersama sama dalam kelompoknya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi siswa, Pembelajaran seni tari, Pendidikan seni. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:35 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18808 |