Pengaruh Penerapan Model Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Painan

Sari, Indah Permata (2016) Pengaruh Penerapan Model Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_INDAH_PERMATA_SARI_1205512_4485_2016.pdf] Text
B1_01_INDAH_PERMATA_SARI_1205512_4485_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pembelajaran. Namun pada kenyataannya hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA Negeri 1 Painan masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi yaitu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing. Proses pembelajaran dengan model ini membuat siswa untuk mampu berfikir kritis dan mengembangkan ide-idenya untuk menggali pengetahuan yang dimilikinya. Terkait dengan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengungkap apakah hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Painan yang proses pembelajaraannya menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Painan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas XI IPA 4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay yang telah valid dan reliable dengan taraf signifikan � = 0,05. Data tes akhir hasil belajar matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Painan dengan taraf nyata � = 0,05. Ini berarti bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:06
Last Modified: 17 Feb 2025 04:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item
View Item