Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar

Kurnia, Ririn Sri (2021) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RIRIN_SRI_KURNIA_16124068_7939_2022.pdf] Text
B1_1_RIRIN_SRI_KURNIA_16124068_7939_2022.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurangdapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dan peserta didik kurang diarahkan untuk memahami bacaan sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dan menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman sebagai upaya meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question dikelas V SD yang valid, praktis, dan efektif.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Plomp (Preliminary Research, Prototyping Phase, and Assesment Stage). Prototype yang telah didesain, dilanjutkan dengan selfevaluation oleh peneliti dan dilanjutkan dengan expert review evaluation oleh 3orang ahli. Prototype diujicoba dengan metode one to one dan Small Group pada peserta didik SDN 002 Koto Peraku. Prototype yang dievaluasi dilajutkan dengan ujicoba dengan metode field test I di kelas VA SDN 008 Kompe Berangin untuk mengetahui praktikalitas. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas bahanajar yang dikembangkan dilakukan uji coba dengan metode field test II di kelasVB SDN 008 Kompe Berangin Kabupaten Kuantan Singingi. Berdasakan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, diperoleh tingkat validitas bahan ajar masuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan uji coba dengan metode one to one, small group, dan field test I diketahui bahwa tingkat praktikalitas berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon peserta didik dan guru. Selanjutya, dari hasil aktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, dan bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sudah efektif dalam penggunaannya ketika proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca pemahaman sebagai upaya meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question dikelas V SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Diharapkan bahan ajar membaca pemahaman pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakanstrategi The Big Question pada materi lain mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Membaca pemahaman; Pembelajaran Tematik Terpadu; Strategi The Big Question
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:45
Last Modified: 21 Jan 2025 08:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item
View Item