Hazimah, Nadia (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 13 Muaro Kab. Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NADIA_HAZIMAH_16129076_3882_2020.pdf [thumbnail of final_B1_6_NADIA_HAZIMAH_16129076_3882_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NADIA_HAZIMAH_16129076_3882_2020.pdf
Download (418kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang tidak maksimal pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaannya, siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan siswa belum menampakkan sikap bekerja sama di dalam kelompok sehingga pengetahuan siswa kurang berkembang . Selain itu, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pembelajaran yang seperti ini tentu berdampak terhadap siswa yang merasa bosan dengan pembelajaran tematik terpadu sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13 Muaro Kab. Sijunjung. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purporsive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-test pada taraf nyata α =0,05 dan dk =28 diperoleh t hitung (2,81) > t tabel (2,048). Hasil ini menunjukkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kedua kelas berbeda secara signifikan. Nilai ratatata kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan model Discovery Learning adalah 79,13 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional adalah 62,67. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18796 |